Monday, November 23, 2020

Mendikbud Nadiem Izinkan Sekolah Tatap Muka, Ini Persiapan SMA di Sidoarjo | PT Rifan Financindo

 PT Rifan Financindo  -  Mendikbud Nadiem Makarim mengizinkan sekolah tatap muka pada Januari 2021. Di Sidoarjo, berbagai persiapan pun telah dilakukan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Sidoarjo Ristiwi Peni mengatakan pembelajaran tatap muka akan dimulai pada semester genap pada Bulan Januari 2021 sesuai kebijakan Mendikbud.


"Untuk saat ini proses tatap muka pembelajaran terbatas memang belum dilakukan, namun di SMA Negeri 3 Sidoarjo sudah mulai melakukan simulasi pembelajaran tatap muka terbatas khusus bagi peserta didik cepat belajar yang masa pembelajarannya dua tahun," kata Ristiwi kepada wartawan di SMA Negeri 3, Senin (23/11/2020).


Ristiwi menerangkan saat ini jumlah siswa yang masuk dalam kelas Cepat Belajar (akselerasi) sebanyak 70 siswa. Sedangkan kelas regular baik itu siswa kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 1.198 pembelajarannya masih dilakukan dengan cara daring.


Untuk persiapan sekolah tatap muka pada Bulan Januari 2021, SMAN 3 Sidoarjo telah melakukan persiapan yang matang. SMA Negeri 3 harus menaati SOP dan syarat yang telah ditetapkan Kemendikbud.


"Di antaranya sekolah diperbolehkan melakukan proses pembelajaran tatap muka dengan seizin orang tua peserta didik. Zona daerah setempat juga harus dalam level zona kuning atau hijau," terang Ristiwi.


Ristiwi menambahkan jumlah peserta didik yang diperbolehkan mengikuti pembelajaran tatap muka maksimal sebanyak 30 persen yang terbagi dalam beberapa shift dengan waktu pembelajaran maksimal selama tiga jam.


"Selain hal tersebut, syarat yang harus dipenuhi adalah persetujuan dari komite sekolah dan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sidoarjo serta sekolah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tambah Ristiwi.


Ristiwi menjelaskan semua yang berada di lingkungan sekolah harus bermasker. Sarana cuci tangan juga telah disiapkan di beberapa sudut. Tempat duduk di dalam kelas juga telah diatur agar berjarak


"Selain penerapan 3M, SMA Negeri 3 Sidoarjo juga telah memesan sekat acrylic yang akan digunakan di meja peserta didik saat proses pembelajaran tatap muka dimulai pada Januari 2021 nanti," tandas Ristiwi.


Sumber: News.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment