Tuesday, December 12, 2023

Turis China Bakal Bisa Pakai Yuan Digital di Singapura?

 PT Rifan - China dan Singapura kini sedang menjalankan pilot project untuk transaksi pembayaran menggunakan yuan digital. Ini artinya turis asal China akan bisa membayar menggunakan e-CNY di negeri Singa tersebut.

Dikutip dari South China Morning Post disebutkan pilot project ini adalah terobosan besar bagi China untuk mempromosikan yuan digital di negara lain.

Otoritas Moneter Singapura menyebutkan proyeknya dengan Digital Currency Institute of the People Bank of China (POBC) akan memungkinkan wisatawan dari kedua negara untuk menggunakan versi digital mata uang China.

Singapura menyampaikan skema ini diharapkan bisa membuat wisatawan semakin nyaman saat melakukan pembelian saat perjalanan ke luar negeri.

Uji coba tersebut merupakan bagian dari serangkaian inisiatif yang diumumkan oleh kedua pemerintah pada hari Kamis pada Joint Council for Bilateral Cooperation. Dalam acara tersebut, kedua negara juga sepakat untuk memperkenalkan pengaturan perjalanan bebas visa selama 30 hari yang merupakan salah satu dari 24 perjanjian yang ditandatangani untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Konsultan teknologi keuangan dan penulis Cashless: China's Digital Currency Revolution Richard Turrin mengatakan, kolaborasi ini merupakan peluang besar bagi penggunaan e-CNY di ritel lintas batas negara. Dia mengatakan, penggunaan yuan digital untuk transaksi kecil dapat membuka jalan bagi penerapannya dalam perdagangan dan skenario bernilai tinggi lainnya.

China mulai menguji mata uang digitalnya pada tahun 2019. Meskipun Beijing belum mengonfirmasi jadwal peluncuran resmi e-CNY, adopsi yuan digital telah meningkat akhir-akhir ini.

Mantan Gubernur PBOC Yi Gang pada bulan Juli mengatakan, total transaksi e-CNY tumbuh menjadi 950 juta yuan (US$133 juta) pada bulan Juni dan mencapai nilai kumulatif 1,8 triliun yuan. Jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 100 miliar yuan pada Agustus 2022. Pada tahun lalu, 5,6 juta pedagang di 26 kota percontohan telah mendaftar untuk menggunakan yuan digital.

Sumber : Finance.detik

No comments:

Post a Comment