Thursday, November 1, 2018

Tiga Ponsel Nokia Segera Cicipi Android Pie


Nokia 3 akan segera mendapatkan update Android Pie. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

 HMD Global kembali mengonfirmasi jajaran ponselnya yang akan menerima update Android Pie. Ada tiga perangkat sekaligus yang akan diberikan, apa saja?

Vendor ponsel asal China ini menyebutkan Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6. Hanya saja mereka belum mengungkap detail kapan pembaruan itu akan tiba di ketiga ponsel tersebut. Kemungkinan awal tahun depan, pasalnya gelombang kedua perangkat Nokia yang mencicipi Android Pie baru menerima update di akhir November nanti.

Baca juga: Ponsel Baru Nokia Tercyduk di Situs Benchmark

Sejuah ini HMD Global baru mengirim Android Pie pada Nokia 7. Selanjutnya mereka akan memberikan update yang sama pada Nokia 6.1, Nokia 6.1 Plus, Nokia 8 dan Nokia 8 Sirocco.

Kendati masih sedikit perangkatnya yang mencicipi Android Pie, HMD Global terhitung cepat memberikan update pada ponselnya ketimbang vendor lain. Sejauh ini masih bisa dihitung jari pabrikan ponsel yang telah memberikan Android Pie ke ponselnya.

Untuk diketahui Google resmi merilis Android Pie pada Agustus lalu. Sejumlah fitur baru dibawa oleh pembaruan sistem operasi ini.

Pertama ada sistem navigasi baru. Sebelumnya pada Android kita menemukan tiga tombol di bagian bawah, yakni Home, Back dan Multitasking. Di Android 9 Pie hanya ada satu tombol untuk pengoperasiannya.

Cara menggunakannya hanya mengeser ke atas untuk membuka app drawer. Geser ke kiri dan kanan untuk membuka aplikasi yang sedang berjalan.

Fitur menarik lainnya meliputi adaptive battery dan adaptive brightness. Keduanya memanfaatkan machine learning untuk menyesuaikan setting baterai dan layar sesuai kebiasaan penggunanya.

Android 9 juga membantu pengguna menyelesaikan berbagai hal lebih cepat dengan App Actions. Memprediksi apa yang ingin pengguna lakukan selanjutnya berdasarkan kebiasaan.

Contoh kegunaan fitur ini, ketika kita sering menghubungi ibu, maka kontak ibu mungkin nanti akan diletakkan di app drawer secara otomatis. Lalu misalnya kita menyambungkan headphone, lagu di Spotify otomatis berlanjut.

Kemampuan anyar berikutnya bernama Slices, yang memungkinkan user lebih gampang memakai aplikasi yang dibutuhkan tanpa harus mengakses. Contohnya saat mencari aplikasi taksi online tertentu, Google akan otomatis menunjukkan di pencarian itu berapa ongkos ke tempat kerja.

Android P agaknya juga berusaha mengatasi kecanduan orang pada smartphone. Ada fitur dashboard Digital Welbeing yang menunjukkan seberapa lama pengguna mengakses ponsel dan aplikasi apa yang paling banyak dilihat.

Jika merasa 'ngeri', maka pengguna bisa membatasi waktu memakai aplikasi dengan App Timer. Tak ingin diganggu notifikasi, cukup balikkan ponsel dengan layar ke bawah dan otomatis langsung silent.

Serta ada Wind Down, yang mengaktifkan Night Light dan Do Not Disturb, kemudian memudar layar menjadi grayscale sebelum tidur. (afr/afr)


Sumber: inet.detik
PT. Rifan Financindo
 

No comments:

Post a Comment