Friday, December 14, 2018

Tiga Inovasi Ini Antarkan Pacitan Raih Penghargaan dari Kemenhub | PT Rifan Financindo



PT Rifan Financindo- Kabupaten Pacitan sukses menggondol penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) dalam kategori Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo di Jakarta, Kamis (13/12/2018) sore.

"Kita meraih dua dari lima pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan yang juga dilombakan," ujar Wabub usai menerima penghargaan.

Di antara kelima pilar tersebut, Pacitan dianggap unggul dalam aspek Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road) dan Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle) dibanding daerah lain di Jawa Timur.

"(Penghargaan) ini merupakan prestasi masyarakat Pacitan dalam mewujudkan perilaku tertib, disiplin dan komitmen tinggi dalam berlalulintas," ujarnya sembari mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif masyarakat.

Wasi Prayitno, Kepala Dinas Perhubungan menjelaskan untuk maju dalam kompetisi IRSA, pihaknya menyajikan 3 inovasi, di antaranya Garda Sumda (Gerakan Bersepeda ke Sekolah dan Bekerja), Zero Hole and Zero Crack, dan Anti Ciluba.

Membiasakan bersepeda ke sekolah dan bekerja terbukti efektif mengurangi angka kecelakaan, sedangkan Zero Hole and Zero Crack, sesuai dengan namanya, merupakan upaya menutup lubang maupun retakan di jalan raya yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

"Kami terus berkoordinasi dengan pemilik kewenangan seperti Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jatim, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR)," paparnya.

Koordinasi serupa juga dilakukan untuk inovasi lainnya, yaitu Anti Ciluba. Hal ini dilakukan dengan mengurangi tanjakan dan turunan ekstrem yang kerap membuat pengendara terkejut semisal tanjakan Sedeng di jalur alternatif Pacitan-Solo maupun beberapa ruas menuju obyek wisata.

Selain membuat pengguna jalan nyaman, upaya ini diharapkan juga menurunkan angka kecelakaan.

"Intinya tanjakan dan turunan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan sebisa mungkin dibuat landai," kata Wasi.

Penganugerahan IRSA tahun ini merupakan ke-7 kalinya digelar sejak 2013, untuk mengapresiasi pemerintah daerah yang memiliki kepedulian dan komitmen menurunkan tingkat kecelakaan di jalan raya.

Sebelumnya Kabupaten Pacitan juga pernah menggondol penghargaan untuk kategori yang sama. Namun saat itu, daerah di ujung barat Jatim itu hanya meraih penghargaan untuk satu pilar keselamatan, yaitu manajemen berkeselamatan (road safer management).

Sumber: News.detik
PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment