Thursday, February 15, 2024

PLN Mau Bikin Tempat Tukar Baterai Motor Listrik di Minimarket

PT PLN (Persero) terus mengembangkan inovasi dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Salah satunya dengan membangun Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di minimarket.
Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo mengatakan langkah ini dapat mempermudah masa transisi dari kendaraan bahan bakar fosil menjadi listrik. Dengan begitu, para pengguna motor listrik tidak perlu lagi menunggu pengisian baterai yang memakan waktu lama.

"Jadi nanti bayangan kami di gerai-gerai, seperti Indomaret Alfamart dan lain-lain itu ada swap baterai yang digunakan semua merek yang akan mempermudah fasilitasi transisi dari motor yang masih berbasis dari bahan bakar fosil menjadi listrik," kata Darmawan dalam pembukaan Booth PLN di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (12/2/2024).

Lebih lanjut lagi, nantinya SPBKLU ini dapat digunakan semua merek motor listrik. Darmawan bilang saat ini pemerintah sedang mengkonsolidasikan standardisasi sistem swap baterai motor listrik.

Dengan demikian, apapun merek motor listriknya, pengguna motor dapat menukarkan baterainya di SPBKLU. Darmawan bilang SPBKLU ini telah diintegrasikan dalam aplikasi mobile PLN. Pihaknya juga bekerja sama dengan semua merek kendaraan listrik, mulai dari Wuling, Mitsubishi, Toyota, BYD, Hyundai, hingga BMW.

"Artinya bahwa ini akan mempermudah di masa depan pengguna motor listrik bisa membeli merek apa saja tapi baterai nya bisa di-exchange satu sama lain," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan terus membangun stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di tiang listrik. Dia menegaskan inovasi ini mempunyai beberapa keunggulan, seperti biaya yang terjangkau dan tempatnya berada di mana-mana.

"Jadi, mengubah tiang listrik yang biasa jadi SPKLU keunggulannya murah, ada di mana-mana, daerah terpencil pun ada semua," imbuhnya.

Sumber : Finance.detik

No comments:

Post a Comment