Thursday, August 31, 2023

Daftar Kota dengan Sistem Transportasi Terbaik di Dunia, Ke Mana-Mana Lancar Jaya!

Beauties, tak bisa dipungkiri bahwa transportasi menjadi hal yang paling penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat. Bukan hanya memudahkan mobilitas barang atau pun manusia, tetapi juga mampu menggerakkan roda perekonomian. Hal ini pun membuat tiap negara berusaha meningkatkan sektor transportasi mereka agar lebih baik dari waktu ke waktu.

Peningkatannya pun terlihat di Indonesia di mana LRT Jabodebek akhirnya diresmikan pada Senin (28/8) lalu. Hadirnya Light Rail Train (LRT) yang beroperasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi ini pun mampu memberikan dampak yang cukup positif bagi layanan transportasi sekaligus perekonomian yang ada di Indonesia. Misalnya, memudahkan warga menjangkau area jauh dari tempat tinggalnya dengan waktu lebih cepat, tanpa harus melewati macet jalan raya.

Meskipun telah berkembang dengan lebih baik, sayangnya kehadiran LRT Jabodebek ini belum membuat Jakarta masuk dalam daftar kota dengan transportasi terbaik di dunia.

Lalu, di mana sajakah kota yang berhasil mendapatkan predikat layanan transportasi terbaik? Seperti apa ya sistem yang diterapkan di sana? Berikut rangkuman informasinya khusus buat kamu!

Daftar Negara dengan Pelayanan Transportasi Terbaik di Dunia, Mana Saja?

Melihat lebih dekat negara dengan layanan transportasi terbaik/ Foto: pexels/Kaique Rocha

Sebuah survei yang dilakukan oleh Time Out, merilis daftar kota dengan sistem transportasi umum terbaik yang ada di dunia. Survei ini melibatkan lebih dari 20.000 penduduk yang tersebar di lebih dari 50 kota, Beauties. Menariknya ada empat dari lima penduduk setempat yang memberikan ulasan positif tentang layanan transportasi di kota mereka. 

Ada setidaknya 19 kota yang masuk ke dalam daftar kota dengan sistem transportasi yang dinilai terbaik. Dari sejumlah kota tersebut, terdapat 10 kota yang berhasil tampil dalam daftar teratas. Berikut daftar lengkapnya:

  1. Berlin
  2. Praha
  3. Tokyo
  4. Kopenhagen
  5. Stockholm
  6. Singapura
  7. Hong Kong
  8. Taipei
  9. Shanghai
  10. Amsterdam
Seperti Apa Sistem Transportasi yang Diterapkan di Sejumlah Kota Tadi?

Melihat lebih dekat layanan transportasi yang ada di beberapa kota di seluruh dunia/ Foto: pexels/Donald Tong

Berhasil mendapat julukan sebagai kota-kota dengan sistem transportasi terbaik, ternyata hal ini beralasan, lho. Sederet kota tadi memberikan akses transportasi yang mudah dan nyaman bagi masyarakat yang tinggal di sana.

Seperti yang dimiliki oleh Kota Berlin, Jerman sebagai yang menempati posisi pertama dalam daftar tadi. Masih dikutip dari sumber sebelumnya, hampir 97 persen warga Berlin memuji jaringan transportasi kota mereka.

Penduduk di sana memanfaatkan kereta bawah tanah, kereta kota cepat, hingga bus. Bahkan ada 175 stasiun besar di sembilan jalur yang beroperasi dari pagi hingga malam. Tak sampai di situ, navigasi yang sangat mudah diakses, membuat masyarakat Berlin dapat menggunakan transportasi umum dengan nyaman, aman, dan tepat waktu, Beauties.

Potret dua orang yang tengah berada di stasiun kereta.
Ilustrasi layanan transportasi yang ada di luar negeri/Foto: freepik/freepik

Selain Berlin, ada Praha yang juga memberikan layanan transportasi memuaskan bagi masyarakatnya. Ibu kota Republik Ceko ini menyediakan jaringan transportasi yang menawarkan keindahan. Ada transportasi trem dengan tiga jalur yang mudah digunakan mencakup hampir setiap bagian kota. Terlebih trem ini akan membawa penumpangnya melaju di beberapa titik lokasi yang memberikan pemandangan menakjubkan.

Memiliki jumlah stasiun yang banyak mengantarkan Tokyo berada di posisi ke-3. Jaringannya yang sangat besar bahkan dapat membentuk labirin, menghubungkan tiap wilayah dengan kemudahan akses. Kereta di Negeri Sakura juga dikenal akan ketepatan waktu sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terlambat sampai tujuan. Tak sampai di situ, navigasinya yang dikelola dengan sangat baik, semakin mudah digunakan oleh orang-orang yang bukan penutur bahasa Jepang sekali pun.

Ada Hong Kong yang Berada di Urutan Teratas se-Asia Tenggara

Melihat lebih dekat layanan transportasi yang ada di Hong Kong/ Foto: freepik/4045

Meskipun berada di urutan ke-6 pada daftar kota dengan layanan transportasi terbaik di seluruh dunia, siapa sangka bahwa Hong Kong justru menempati urutan teratas di Asia Tenggara, Beauties. Menariknya hampir 75 persen masyarakat di sana tinggal dalam jarak hanya sekitar satu kilometer dari stasiun metro, lho. Hal ini pun membuat mereka hanya perlu berjalan kaki selama 15 menit untuk mencapai stasiun. 

Kisaran 92 persen penduduk Hong Kong memuji sistem transportasi yang ada di kota mereka. Bahkan berdasarkan studi yang dilakukan oleh perusahaan konsultan Oliver Wyman yang dikutip melalui Travel+Leisure, kepadatan stasiun yang relatif tinggi memudahkan diakses oleh semua orang di seluruh yurisdiksinya. Walaupun memiliki volume lalu lintas dan jaringan yang padat, kualitas infrastruktur di sana dikenal efisien.

Semoga Indonesia bisa menyusul ya!

No comments:

Post a Comment