Monday, September 25, 2023

29 September Memperingati Hari Jantung Sedunia, Ini Serba-serbinya

29 September memperingati hari apa? Setiap tanggal 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit kardiovaskular terkait jantung dan cara mengendalikannya.
Berikut ini informasi tentang tema Hari Jantung Sedunia 2023 dan sejarah peringatannya.

Tema Hari Jantung Sedunia 2023
Dilansir situs World Heart Federation, tema Hari Jantung Sedunia 2023 adalah "Use Heart, Know Heart". Kampanye ini berfokus pada langkah penting untuk mengetahui jantung kita terlebih dahulu dan menjadi pengingat bagi semua orang di seluruh dunia untuk menjaga jantung mereka.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI juga merilis tema Hari Jantung Sedunia 2023. Adapun tema nasional Hari Jantung Sedunia 2023 adalah "Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu".

Tujuan peringatan Hari Jantung Sedunia 2023 secara nasional adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengenali kesehatan jantung dengan melakukan deteksi sedini mungkin dan melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit jantung melalui upaya "CERDIK dan PATUH".


Sejarah Hari Jantung Sedunia
Dikutip dari situs National Today, World Heart Federation (WHF) atau Organisasi Jantung Dunia bekerja sama dengan World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia menetapkan Hari Jantung Sedunia pada tahun 1999. Ide penetapan ini dicetuskan oleh Antoni BayƩs de Luna, presiden WHF pada 1997-1999.

Hari Jantung Sedunia awalnya diperingati pada hari Minggu terakhir di bulan September. Perayaan pertama dimulai pada 24 September 2000 sampai tahun 2011.

Penyakit kardiovaskular atau jantung kerap dianggap sebagai penyakit orang-orang yang tinggal di negara maju. Namun, 80% kematian akibat penyakit ini terjadi di negara berkembang hingga berpenghasilan rendah dan menengah.

Lebih dari 90 negara ambil bagian dalam perayaan internasional ini setiap tahun. Hasilnya, Hari Jantung Sedunia terbukti menjadi sarana yang efektif untuk menyebarkan informasi tentang CVD. Tingkat keterlibatan yang tinggi dari pemerintah dan organisasi paling penting bagi negara berkembang, yang sangat terpengaruh oleh penyakit ini.

Cara Merayakan Hari Jantung Sedunia
29 September memperingati hari apa? Setiap 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia. Peringatan Hari Jantung Sedunia dapat dirayakan dengan berbagai kegiatan, seperti penggalangan dana, acara olahraga, dan lari maraton.

Sumber : news.detik

No comments:

Post a Comment