Friday, March 17, 2023

Mengulik Sejarah Tradisi Ziarah Kubur Umat Islam di Bulan Ramadhan | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo   -   Ziarah kubur merupakan tradisi yang sudah berlangsung cukup lama di masyarakat. Tradisi ini dilakukan dengan mengadopsi keyakinan memberikan penghormatan terhadap leluhur atau nenek moyang.

Penghormatan terhadap nenek moyang dengan bentuk ziarah kubur adalah tradisi yang bersifat universal, sehingga sering dijumpai pada setiap kebudayaan. Kemudian ketika Islam datang muncul tradisi serupa yang dibalut dengan ajaran Islam. 

Selain itu pada masa lalu, Nabi Muhammad SAW juga bersabda agar umatnya senantiasa selalu mengingat kematian. Contoh konkret mengingat kematian bagi umat Islam salah satunya adalah dengan melakukan ziarah kubur.

Saat kedatangan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang sering digunakan oleh umat islam untuk melakukan ziarah kubur. Namun, ziarah kubur juga disebutkan lebih baik dilakukan saat hari raya, dikarenakan pada saat itu umat muslim telah kembali fitrah.

"Kemudian orang-orang yang di alam barzah sudah kembali normal. Pada saat Ramadhan itu pintu neraka ditutup, dan normal kembali orang-orang yang di kuburan. Maka kita doakan mereka, menyapa mereka”. 


Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment